^SasyZone^

without Allah I'm nothing

Keriuhan Acara Blogger Nusantara 2013 ( #BN2013 ) di Joglo Abang

Sabtu 30 November 2013, pagi sekitar pukul 09.00 WIB saya bersama peserta blogger lainnya dari parkiran Ngabean bersama-sama naik ke bus menuju Joglo Abang. Kenapa ke Joglo Abang? Bukankah pembukaan / pagelaran seharusnya di Keraton? Berdasarkan informasi ada suatu hal yang menyebabkan acara diganti tempat penyelenggaraan

Di dalam bus saya bersama Mba Yanti, Pak Andy Mse (macak kenek berdiri di pintu bus), dan blogger lainnya menuju Joglo Abang. Letak Joglo Abang ada di Dusun Gombang, Desa Tirtoadi, Kecamatan Mlati, Kabupaten Sleman. Mengenai arah kemana, saya bingung, hehehe… Karena sesampai di lokasi pun, saya bingung arah mata angin *gLek*.

Turun dari bus mata kami dipenuhi kekaguman, ini seperti datang ke hajatan besar, banyak orang yang datang, yang tak dikenal, yang asing, yang berwarna, yang ceria, sungguh Istimewaaaaaaaaaah ^^ Joglo Abang bertambah abang (merah) karena seluruh halamannya sudah banyak kursi berjejer dan tarub berwarna merah, makin cantik walaupun Joglo-nya jadi tak terlihat. Sebelum masuk sudah ada deretan panitia yang sudah siap di meja registrasi. Saya pun mengisi data registrasi dan menerima logistik, kemudian masuk.

Bismillah….. akhirnya saya ada di Joglo Abang ^^

IMG01047-20131130-1124

Ditengah keriuhan saya mencari tempat duduk yang kira-kira enak dan nyaman bersama Mba Yanti (ngekor aja deh). Menunggu beberapa saat dan acara dimulai, dibuka oleh salam hangat dan semangat dari dua MC, Mba Atta dan… (satunya siapa namanya lupa, maaf ^^). Acara dimulai dan kami bersama-sama berdiri menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya, riuh semangat membuat saya bangga begitu banyak orang menyanyikan lagu ini di satu tempat, MENAKJUBKAN !

IMG01046-20131130-1011

Ada beberapa sambutan yaitu dari Ketua Panita Bapak (eh Mas) Gandhi Prasetyo ( @denkenthir ) dan Pak Anjari ( @anjarisme ) selaku Penggiat @BlogNusantara #BN2011, #BN2012 dan kali ini #BN2013. Setelah sambutan-sambutan itu, akhirnya tiba saatnya acara seminar oleh Mbak Mubarika Darmayanti ( @idblognetwork ), Bapak Prayudi selaku Manager Senior Caring Divisi Customer Service ( @speedyinstan ) serta Pak Fajar Eri Dianto ( @fajareridianto ) yang membahas soal T-Money.

Nah, pada saat obrolan ini saya jalan-jalan kesana kemari tidak terlalu memperhatikan isi seminar, jadi maaf saya tidak bisa menyampaikan detail informasi yang disampaikan ,hehehe pisssssss ^^

Memangnya ngapain aja sih? Hehehe…

Saya jalan-jalan ke belakang Joglo Abang mencari toilet, ketemu Demang @Suryaden (saliiiim ) eh kembalinya Pak Andy Mse metik mangga wkwkwk, alhasil saya dan Mba Yanti harus mencari pisau buat ngupas itu mangga, balik lagi ke dapur, gak ada pisau di dapur kecewa tidak ketemu pisau. Aaaaah, ada ide lain kami harus pinjam pisau di warung dekat Joglo Abang. Ibunya baik banget, mau pinjemin kita pisau, hihihihihhi… Kita kupaslah mangga dan suegerrrr kecuuuuttttt mangganya,wkwkwkwk . Mba Yanti gak kurang ide, beliau balikin pisau dan beli bumbu (sambel) buat lutisan mangga, buset dah,makin berasa piknik saja kita ^^

IMG01051-20131130-1336

Acara tentu saja tetap berlangsung karena acara lutisan kami tidak mengganggu looooh , hehe. Selanjutnya ada pembicara cantik bernama Donna Angelina S ( @donnajewels ), seorang Blogger Jewelry. Jadi selain bisnis jewelry, beliau juga pemain harpa, wouuuuuuuuwwwww hebat ya, udah cantik, pinter bisnis, pinter alat musik pula

Acara terus berlangsung sampai tiba saat Ishoma (istirahat-sholat-makan) . Panitia sungguh baik hati, membagikan makan kepada kami, duuuuh *terharu* baik sekali merekaaaaa. Sambil makan, ada salah satu blogger yang baik pula, menghibur kami dengan cerita/dongeng tentang Raja dan gadis kecil. Menarik perhatian karena lucu dan ternyata kesimpulannya sungguh keren, ckckck menginspirasi supaya hati kita jujur dan bersih, Subhanalloh…

IMG01050-20131130-1215                            IMG01048-20131130-1125

Setelah Ishoma selesai acara dilanjutkan. Ternyata kedatangan tamu penting di Joglo Abang, beliau adalah Ibu Wakil Bupati Sleman. Ternyata eh ternyata, acara Blogger Nusantara 2013 ini bertepatan pula dengan hajatan peresmian Rumah Budaya Joglo Abang (RBJA). Secara simbolis peresmian ini ditandai dengan bunyi GONG ! GONG ! GONG ! Alhamdulillaaah

Tidak hanya itu saja yang menarik perhatian kami di acara Blogger Nusantara 2013 ini, kami dihibur pula dengan beberapa kesenian yang menakjubkan . Kesenian itu antara lain Tari Gambyong oleh HIMA Seta UNY, Tari Bedana oleh Himpunan Mahasiswa Lampung, dan Tari dari Himpunan Mahasiswa Kalimantan. Berbagai tarian ini sungguh menakjubkan, indah, lemah gemulai, eksotis dan membuatku sadar bahwa Indonesia sungguh kaya. Buktinya, blogger se-Nusantara dari Sabang sampai Merauke ini dapat menikmati keindahan setiap gerakan yang semuanya adalah budaya Indonesia, keren kan^^

IMG01053-20131130-1408

Lanjutan pembicara lain yaitu ada Pak Jhony SIGAB dan Mas Eko selaku komunitas komik daging tumbuh. Sampai sore hari Mas Gandhi Prasetyo ( @denkenthir ) menginformasikan bahwa peserta diperbolehkan memilih kegiatan selanjutnya untuk tour Yogya atau tetap memilih stay di Joglo Abang. Apabila memilih tour Yogya, panitia menyediakan kendaraan untuk drop peserta dan peserta dipersilahkan untuk pergi masing-masing sesuai keinginan mereka dengan catatan pada jam tertentu diharuskan berkumpul kembali sebelum stay di Desa Wisata Tembi. Apabila peserta memilih tetap di Joglo Abang, akan ada beberapa penampilan yang sudah dipersiapkan untuk memanjakan kita

Saya memilih untuk tetap bertahan di Joglo Abang

Beberapa kesenian ditampilkan sore ini, yang pertama adalah Kesenian Gejog Lesung. Ada 3 (tiga) orang ibu-ibu yang menyanyi dan 6 (enam) ibu-ibu lainnya memainkan Lesung sebagai alat musik. Ada banyak lagu yang dinyanyikan sampai-sampai penonton meminta untuk menyanyi dan memainkan lesung lagi-lagi-lagi tepuk tangan riuh dan semangat terus terdengar walaupun hari semakin sore. Dan pada saat kesenian Gejog Lesung ini hampir selesai, penonton diminta untuk bersedia maju untuk bersama-sama menyanyi dan menari. Ternyata hal ini membuat para blogger Nusantara semakin akrab dengan para penampil kesenian Gejog Lesung ini, kereeeeen ^^

Kesenian selanjutnya adalah Pekbung. Kesenian itu semacam menyanyi dengan berbagai alat musik tradisional. Penampilnya beberapa bapak dan ibu . Para peserta blogger dan penonton lainnya pun tak malu-malu untuk menari bersama, menambah keriuhan dan kebersamaan semakin indah adanya

Adzan magrib berkumandang…

Waktunya sholat magrib dan (lagi-lagi) panitia baik hati membagikan kami makan malam . Kami makan malam, ngobrol dan berjalan-jalan disekitar Joglo Abang. Sampai sekitar pukul 19.00 WIB ada kesenian selanjutnya ditampilkan. Naaaaaah, akhirnya yang di tunggu (oleh saya) tampil juga,hehehe…

Apakah ituuuuuuu?

Jathilaaaaaaaaan ^^ iya betul, saya menanti kesenian ini karena memang penasaran seperti apa. Ternyata Seni Tari Jathilan ini ditampilkan oleh Paguyuban Beksa Langen Budaya dari Komunitas Gunungkelir, Donorejo, Kaligesing, Purworejo (www.gunungkelir.com) . Tarian ini diperankan oleh beberapa penari laki-laki yang gerakannya seperti gerakan beladiri dan tarian oleh para penari putri yang menggunakan kuda kepang. Di sela-sela selesainya penari laki-laki ini secara simbolis Demang @Suryaden meresmikan Rumah Budaya Joglo Abang (RBJA) , Selamat ya maaaaaaaang

IMG01061-20131130-2003

Nah, sekitar pukul 21.00 WIB Tarian Jathilan ini usai sudah, dan saya kembali ke kursi Joglo Abang. Ternyata kami harus melanjutkan perjalanan berikutnya. Kemana? Ke Desa Wisata Tembi. Dimana? Entah, saya tidak tahu alamat lengkapnya, hehehe… Karena panitia baik sekali, menyediakan transportasi untuk kami sehingga kami tak repot lagi kemana harus mencari alamat palsu ,hihihihi…

Gimana perjalanan kami ke Desa Wisata Tembi ?waaaaah, ada lagi lanjutannya yang gak kalah seru,hehehehe…

Iklan

Single Post Navigation

4 thoughts on “Keriuhan Acara Blogger Nusantara 2013 ( #BN2013 ) di Joglo Abang

  1. DianRuzz on said:

    Shasyiiiiii, ditunggu yaa kelanjutannya 😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: